-->

Tuesday 14 March 2017

Cara Menentukan Lumens yang Dibutuhkan oleh LCD Projector
Cara Menentukan Lumens yang Dibutuhkan oleh LCD Projector

Popularitas penggunaan LCD projector terus meningkat di mana-mana, seperti di sekolah, di kantor, bahkan di rumah-rumah. Kadang-kadang gambar yang diproyeksikan oleh LCD projector itu tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Ada kalanya gambar yang terproyeksi tetap tidak terlalu bagus walaupun kita sudah melakukan banyak pengaturan seperti pengaturan kontras, ketajaman, atau kecerahan terhadap LCD projector tersebut. Kualitas proyeksi sebuah LCD projector tergantung kepada angka lumens LCD projector itu sendiri. Sebuah LCD projector yang memiliki angka lumens yang tinggi mampu memberikan gambar yang terproyeksi dengan lebih jernih dan lebih cerah.

Dibutuhkan perhitungan yang rumit untuk benar-benar menentukan angka lumens yang tepat yang kita butuhkan. Tapi untuk penggunaan sehari-hari, kita cukup mengerti hal-hal dasar untuk menentukan lumens yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan angka lumens yang tepat sebelum kita menyewa/membeli sebuah LCD projector.

1.Ukur ukuran layar yang akan digunakan untuk memproyeksikan gambar. Bila Anda akan menggunakan layar yang besar, berarti Anda membutuhkan proyektor dengan angka lumens yang tinggi. Untuk keperluan kantor/rumahan, layar proyeksi yang digunakan biasanya berukuran kurang dari 100 inci. Untuk ukuran tersebut, lumens yang diperlukan cukup 1.500 lumens. Lain lagi bila ukuran layar yang digunakan lebih besar, seperti layar yang digunakan di teater untuk memutar film/video dengan jumlah audiens yang juga besar. Maka diperlukan LCD projector dengan angka 2.000 ke atas.

2.Periksa tingkat pencahayaan di ruangan yang akan digunakan. Ruangan dengan pencahayaan yang redup akan sangat membantu untuk menghasilkan pemroyeksian gambar yang bagus. Namun pertimbangkan juga kepentingan audiens Anda. Bila audiens Anda juga perlu membaca/menulis sambil melihat proyeksi gambar, maka Anda perlu memberikan penerangan yang cukup terhadap ruangan tersebut. Pada ruangan dengan pengaturan yang gelap, Anda cukup menggunakan proyektor dengan angka lumens di bawah 2.000. Namun bila audiens Anda perlu melakukan hal-hal lain sambil melihat proyeksi gambar, pilih proyektor dengan lumens yang tinggi, bila perlu mencapai 4.000 agar bisa berfungsi sebagai penerangan juga untuk audiens Anda.

3.Ukur jarak antara audiens dengan layar proyeksi. Orang yang duduk dekat dengan layar tidak akan memiliki masalah untuk melihat hasil proyeksi dari LCD projector. Sedangkan orang yang duduk di belakang/duduk di baris ke-10/15 mungkin akan mengalami masalah untuk melihat gambar yang terproyeksi pada layar yang kecil. Untuk menyiasatinya, gunakanlah layar yang lebar dan LCD projector dengan angka lumens yang tinggi. Sebuah ruangan yang menampung 200 orang atau lebih akan membutuhkan LCD projector dengan angka lumens 5.000 atau lebih tinggi supaya bisa memberikan hasil proyeksi yang baik.

4.Pertimbangkan tentang hal apa yang akan diproyeksikan. Bila LCD projector Anda akan digunakan untuk memproyeksikan film, maka LCD projector dengan lumens 1.500 pun sudah cukup. Sedangkan bila LCD projector Anda akan dipergunakan untuk menampilkan grafik, peta, gambar, atau tipe-tipe lainnya yang memerlukan banyak detail, maka Anda akan membutuhkan LCD projector dengan angka lumens minimal 3.000.
5.Pertimbangkan tentang budget yang Anda miliki. LCD projector dengan angka lumens yang tinggi memiliki harga yang pastinya lebih mahal dibandingkan dengan LCD projector dengan angka lumens rata-rata.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Post a Comment

Start Work With Me

Contact Us
JOHN DOE
+123-456-789
Melbourne, Australia